Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan

Adapun bentuk lain dari asuransi kesehatan nasional selain BPJS Kesehatan, yaitu BPJS Ketenagakerjaan. BPJS Ketenagakerjaan wajib dimiliki oleh seluruh tenaga kerja yang berada di Indonesia dan setiap perusahaanpun wajib mendaftarkan karyawannya sebagai peserta asuransi. Kewajiban ini sudah diatur dalam undang-undang tentang proteksi jaminan ketenagakerjaan.

Manfaat apa saja yang kamu dapatkan dari BPJS Ketenagakerjaan? Asuransi ini mempunyai banyak manfaat bagi kamu yang bekerja sebagai karyawan maupun wirausaha. Kamu dan kondisi kamu bekerja mendapat perlindungan baik dalam bentuk bantuan kesehatan dan finansial.

Jika terjadi kecelakaan dalam bekerja, maka gunakan BPJS Ketenagakerjaan untuk meng-cover pengeluaran kesehatan. Jika kamu akan segera menyelesaikan pekerjaan kamu (minimal 5 tahun menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan) atau pensiun, kamu akan mendapatkan bantuan finansial yang merupakan akumulasi iuran BPJS Ketenagakerjaan. BPJS Ketenagakerjaan membuat suasana bekerja semakin nyaman dengan berbagai perlindungan yang diberikan.
Tiap Bulan Bayar Iuran Kan? Ini Cara Mengecek Saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan
Gaya Hidup

by DuitPintar

18 Mar 2016
0
SHARES

Sudah ikut program BPJS Ketenagakerjaan dan Kesehatan kan? Bagus kalau begitu karena itu hak kamu sebagai penerima upah alias karyawan.

Perusahaan wajib mengikutsertakan karyawannya dalam program pemerintah tersebut. Kalau nggak, perusahaan bisa kena sanksi serius.

Manfaat BPJS Ketenagakerjaan ini gak main-main. Mulai dari jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian, sampai jaminan hari tua (JHT).

Iuran BPJS Ketenagakerjaan biasanya sebesar 5,70% dari penghasilan. 3,7% ditanggung perusahaan, yang 2% ditanggung peserta.

Iuran yang terkumpul tersebut nantinya dikelola oleh BPJS dalam bermacam instrumen investasi. Makanya gak heran kalau duit JHT kita bakal terus bertumbuh sampai pensiun nanti.

Dari mana kita bisa tahu kalau dana JHT kita bertumbuh? Nah, setiap beberapa bulan sekali BPJS Ketenagakerjaan akan memberikan printout berisi rincian saldo JHT kita.

Tapi ternyata gak cuma mengandalkan printout doang loh. Sekarang mengecek saldo JHT BPJS Kesehatan udah canggih banget. Gak percaya? Begini nih cara-caranya.
1. Cek Saldo JHT via SMS
Pembayaran Iuran BPJS Ketenagakerjaan dilakukan oleh dua pihak yaitu pihak perusahaan dan tenaga kerja. Para tenaga kerja hanya membayar 3% dari gajinya setiap bulan. Bagi tenaga kerja kantoran, besaran iuran yaang dikumpulkan sebesar 9%-10%. Iuran BPJS Ketengakerjaan bisa kamu cairkan ketika kamu pensiun ataupun akan segera berhenti bekerja dengan syarat minimal bekerja di sebuah instansi selama 5 tahun.

Selama membayar iuran BPJS Ketenagakerjaan, kamu mungkin bertanya sudah terkumpul berapa ya saldo BPJS Ketenagakerjaann. Cara ceknya mudah! Yuk intip langkah-langkah cek saldo BPJS Ketenagakerjaan sebagai berikut.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s