Ingin mulai berinvestasi reksadana tetapi tidak tahu caranya?

Ingin mulai berinvestasi reksadana tetapi tidak tahu caranya? Jangan kuatir. Anda tidak sendiri, sementara intsrumen investasi ini memang sedang naik daun. Selain sosialisasi yang gencar dari pemerintah terutama Otoritas Jasa Keuangan, reksadana memang merupakan salah satu produk investasi pasar modal yang paling mudah dilakukan dan berpotensi memberi keuntungan yang lumayan dalam jangka waktu panjang. Instrumen ini juga cocok bagi mereka yang ingin “bermain” saham tanpa harus rumit belajar ini itu.

Untuk Pemula, Begini Lah Cara Kerja Investasi Reksa Dana dan Simulasinya Secara Sederhana
Investasi Reksa Dana

by DuitPintar

05 Jun 2015
0
SHARES

Masyarakat Indonesia makin melek investasi dari hari ke hari. Salah satu instrumen investasi yang kerap kita dengar adalah reksa dana.

Percayalah, jangan menunggu hari tua untuk memulai investasi. Investasi menjaga kehidupan finansial Anda di masa depan terjaga. Namun, dari mana modalnya? Bagaimana jika belum punya banyak modal untuk berinvestasi? Anda tidak perlu khawatir karena saat ini ada produk keuangan yang sedang populer, yaitu reksadana. Reksadana adalah kumpulan dana yang dikelola untuk membeli saham, obligasi, atau instrumen keuangan lainnya. Kemudahan reksadana terletak pada besaran investasi yang tidak perlu sebesar saham, yang memerlukan modal puluhan juta. Sistemnya sederhana, Anda hanya perlu menaruh sejumlah modal yang dipercayakan kepada profesional untuk membeli saham. Kemudahan ini membuat Anda tidak perlu pusing dan memikirkan saham atau obligasi apa yang harus Anda beli. Anda hanya perlu menentukan reksadana apa yang ingin Anda beli. Selanjutnya, manajer investasi yang akan mengelola modal Anda.

Apa itu reksa dana? Kalau menurut  Undang-Undang Pasar Modal Nomor 8 Tahun 1995 sih, reksa dana adalah wadah yang digunakan masyarakat untuk menghimpun dana.

Belakangan ini, ketertarikan masyarakat luas untuk berinvestasi reksa dana mulai meningkat, seiring dengan makin maraknya program acara dan literasi di berbagai media mengenai perencanaan keuangan. Anda mungkin sudah mendapat informasi tentang investasi reksa dana, atau setidaknya sekedar pernah mendengar namanya. Namun, kerap kali calon investor pemula yang tertarik tidak segera melakukan investasi karena tidak tahu bagaimana cara memulainya, tidak memahami syarat dan prosedur pembelian dan penjualannya, bahkan tidak mengerti bagaimana menghitung hasil investasinya.

Nah, dana ini lantas dikelola sebagai investasi oleh manajer investasi ke dalam portofolio efek. Adapun portofolio efek adalah kumpulan surat berharga, seperti saham, obligasi, deposito, dan lain-lain.

Kelebihan yang dimiliki oleh reksa dana adalah adanya diversifikasi investasi. Artinya, investasi dipecah ke beberapa instrumen.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s