Membaca alqur’an adalah perkara wajib bagi setiap umat Islam

Membaca alqur’an adalah perkara wajib bagi setiap umat Islam setiap harinya. Kendati pada saat sholat saja kita sudah melunaskan kewajiban untuk membaca alqur’an tersebut, tapi dibulan yang penuh rahmat Ramadhan 2012 ini tentunya kita ingin menambah amalan ibadah kita.

Di era aplikasi yang sedang tren adalah berbasis web, kini sudah tersedia banyak sekali aplikasi alqur’an yang berbasis web tanpa perlu Anda install sehingga membebani hardware Anda. Cukup dengan modal koneksi internet Anda sudah bisa membaca alqur’an berbasis web. Berikut beberapa website yang menyediakan Alqur’an Online:
Qur’an Explorer

alquran-Online
Layaknya alqur’an dalam bentuk fisik yang didominasi dengan tulisan arab, Qur’an Explorer pun demikian, namun masih punya nilai tambah yaitu adanya terjemahan disamping ayat alqur’an. Terjemahan dari Qur’an Explorer pun tersedia dalam beberapa versi bahasa termasuk bahasa Indonesia dan Malaysia. Sampai tulisan ini dibuat, audio untuk suara qari’ yang tersedia baru 15 qari’ ternama, salah satunya adalah Mishari Rashid.

Apakah membaca al-Quran dalam hati via al-Quran digital yang terinstall dalam handphone (HP) akan mendapatkan pahala, dan apakah orang yang berhalangan atau sedang datang bulan berdosa jika membaca al-Quran dalam hati?

Wassalamu ‘alaykum wr. wb

Jawaban:

Wa ‘alaykum salam wr. wb.

Seseorang yang membaca al-Quran akan mendapatkan pahala baik dia membacanya dengan mushaf atau dengan hp atau yang lainnya, Rasulullah SAW bersabda mngenai pahala membaca al-Quran:

مَنْ قَرَأَ حَرْفًا مِنْ كِتَابِ اللَّهِ فَلَهُ بِهِ حَسَنَةٌ وَالْحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا لَا أَقُولُ: آلم حَرْفٌ. أَلْفٌ حَرْفٌ وَلَامٌ حَرْفٌ وَمِيمٌ حَرْفٌ)رَوَاهُ التِّرْمِذِيُّ وَالدَّارِمِيُّ(

Artinya: Barang siapa yang membaca satu huruf dari al-Qur’an maka dia akan mendapatkan pahala berupa satu kebaikan, dan satu kebaikan akan dilipatgandakan menjadi sepuluh kebaikan. Dan Saya tidak mengatakan bahwa Alif Lam Mim satu huruf, tapi Alif satu huruf, Lam satu huruf, dan Mim satu huruf (HR. al-Tirmidzi dan al-Darimy).

Kata membaca dalam mu’jamul wasith disebutkan bahwa maknanya adalah mengikuti kalimat-kalimat dalam kitab yang dibaca dengan melihat dan mengucapkannya. Sehingga membaca ayat dalam al-Quran maksudnya adalah mengucapkan lafadznya dengan cara melihat tulisannya atau dengan hafalan. Jadi membaca al-Quran yang dikategorikan akan mendapat pahala sesuai dengan apa yang disabdakan Rasulullah adalah dengan mengucapkannya yang sekiranya si pembaca bisa mendengar suaranya sendiri, baik itu membaca dengan melihat mushaf atau lewat hp dan lain sebagainya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s