Masalah anak tidak mau makan adalah hal yang sangat sering dihadap

Masalah anak tidak mau makan adalah hal yang sangat sering dihadapi oleh kebanyakan orang tua. Terutama pada anak-anak yang masih berusia balita. Hal ini dikarenakan pada usia satu sampai lima tahun anak-anak selalu aktif bergerak dan ini tentu saja berpengaruh pada pola makannya.

Anak berkurang nafsu makannya karena mereka lebih senang bermain daripada duduk manis dan makan di tempat yang sudah disediakan. Menyiasati cara agar anak mau makan supaya si kecil selalu sehat adalah tantangan bagi setiap orang tua. Jika anak tidak mau makan maka hal ini bisa menyebabkan daya tahan tubuhnya berkurang, anak menjadi rentan terkena penyakit karena kurang mendapatkan asupan nutrisi yang terkandung dalam makanan.

Berikut ini beberapa tips yang dapat dicoba oleh para orang tua agar anak-anak bertambah nafsu makannya dan mau makan:

1. Terapkan acara makan bersama keluarga setiap harinya. Dengan melihat orang tua dan anggota keluarga lainnya (misalnya kakak, nenek dan kakek) memakan makanan, anak Anda akan tertarik juga untuk menyantap makanannya. Jika anak tetap menolak untuk makan, minta anak untuk tetap duduk di ruang makan sampai jam makan selesai.

anak susah makanAnak susah makan merupakan permasalahan yang sering dikeluhkan orang tua, terutama para ibu. Berbagai cara seolah tidak berhasil dilakukan untuk mengatasi anak yang sulit makan. Bahkan tak jarang para ibu menjadi tertekan dan stress dalam menghadapi buah hatinya.Setiap ibu selalu diliputi kekhawatiran soal kecukupan gizi buah hatinya. Belum lagi jika anak susah makan atau pilih-pilih makanan.

Anak berkurang nafsu makannya karena mereka lebih senang bermain daripada duduk manis dan makan di tempat yang sudah disediakan. Jika anak tidak mau makan, maka daya tahan tubuhnya akan menurun. Anak juga menjadi rentan terkena penyakit karena kurang mendapatkan asupan nutrisi yang terkandung dalam makanan.
a
Menyiasati agar anak mau makan adalah tantangan yang cukup berat bagi sebagian orang tua. Berbagai bentuk penolakan dari anak yang diikuti dengan tangisan acapkali membuat orang tua menjadi frustasi. Menghadapi situasi seperti itu, orang tua dituntut untuk ekstra sabar dan tidak terpancing emosi. Salah-salah, anak bukannya mau makan, malah justru semakin keras untuk tidak mau makan.

Beberapa tips berikut ini mungkin bisa membantu orang tua untuk menyiasati agar anak mau makan:

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s