Hidroponik juga dikenal sebagai soilless culture

Hidroponik dalam bahasa inggris hydroponic, berasal dari kata Yunani yaitu hydro yang berarti Air dan ponos yang artinya daya.
Hidroponik juga dikenal sebagai soilless culture atau budidaya tanaman tanpa tanah, Jadi hidroponik berarti membudidayakan tanaman yang memanfaatkan air, tanpa menggunakan tanah sebagai Media Tanam.

Pengertian hidroponik sebenarnya istilah ini berasal dari daerah yunani “hydro” = Air dan “ponos” = kerja. Jadi pergabungan kata tersebut adalah “cara kerja air”. Arti dari bercocok tanam hidroponik adalah media tanam yang berbeda dengan yang lain, umumnya menanam tanaman menggunakan tanah jika hidroponik tidak menggunakan tanah melainkan dengan media lain. Biasanya media ini memiliki prinsip yang sama yaitu menompang batang tanaman agar tanaman bisa berdiri tegak. Media hidroponik bisa menggunakan pasir, kerikil, zat silikat, batu karang, potongan kayu – kayuan dan masih banyak lagi media yang bisa anda temukan sebagai media tanam.

Hydro itu sendiri memiliki arti air. Hidroponik merupakan metode penanaman tumbuhan yang menggunakan media air. Pengertian tanaman hidroponik yang lain yaitu menanam tumbuhan tanpa menggunakan tanah. Dan secara sederhananya, hidroponik merupakan cara budidaya tanaman menggunakan air yang diperkaya oleh berbagai nutrisi. Dengan begitu, metode ini dapat mempermudah dalam mengendalikan hama, dan pencahayaan.

Hidroponik merupakan metode penanaman yang ramah lingkungan, karena tidak memerlukan pestisida atau herbisida yang beracun. Selain tidak memerlukan banyak air seperti bercocok tanam dengan cara konvensial. Metode ini juga sama sekali tidak perlu melakukan penyiraman pada tanaman. Hal tersebut juga membuat sayuran yang dihasilkan lebih aman serta sehat. Meski tidak menggunakan tanah sebagai media, tentu metode ini tidak hanya memerlukan air, namun perlu adanya unsur lain untuk mendukung pertumbuhan tanaman. Biasanya menggunakan pasir, sabut kelapa, pecahan batu bata dan batu karang, busa, kerikil, batu apung, potongan kayu, bahkan bisa juga menggunakan kawat kasa nilon.
Pengertian Tanaman Hidroponik

Pengertian Tanaman Hidroponik

Menanam tanaman dengan metode hidroponik mungkin masih terdengar asing bagi sebagian orang. Mengingat tanaman memang tidak bisa dengan mudah lepas dari tanah. Sayangnya, perkembangan dari tanaman hidroponik agak terhambat, karena adanya kekhawatiran akan kuantitas dari hasil tanam.

Pengertian Hidroponik dan Manfaatnya – Hidroponik merupakan salah satu media tanam tanpa menggunakan tanah sebagai pertumbuhan tanaman. Penanaman ini merupakan hal baru dalam dunia pertanian, namun banyak sekali masyarakat yang tidak mengetahui cara melakukannya dan apa keuntungannya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s