Menggunakan Obat Tradisional

Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Surabaya memusnahkan 173.636 jamu ilegal, pada tahun ini. Kepala BPOM Roy Sparinga mengatakan, secara nasional, nilai sitaan jamu ilegal mencapai Rp 140 miliar. Mayoritas jamu-jamu itu mengandung bahan kimia.

”Kami mendukung pertumbuhan industri jamu. Namun, ada saja tangan-tangan kotor yang mencampur dengan obat kimia,” ujarnya.

Jamu, jenis minuman tradisional ini tentu sudah tidak asing di telinga masyarakat Indonesia. Khasiatnya yang ampuh masih selalu menjadi andalan masyarakat untuk menyembuhkan ragam penyakit.

Berangkat dari hal itu, Andrea Van Barthold, Marcelia Yovian Djong, dan Elisabeth Vania Lee, menciptakan jamu kemasan botol siap minum yang bisa dipesan secara online melalui instagram pada akun @thesundal.id. Walaupun disajikan dalam bentuk kemasan, tapi jamu yang mereka buat terbebas dari bahan pengawet.

Andrea, salah satu penggagas produk jamu tersebut menilai saat ini masih banyak orang yang selalu mencari jamu untuk menjaga kesehatan dan kebugaran diri. “Karena jamu ini kan alami. Siapa sih yang nggak mau mengkonsumsi bahan-bahan alami,” ucapnya, Sabtu (12/12).

Dia mencontohkan, Tawon Liar adalah salah satu merek jamu yang dilarang beredar karena berbahan kimia. ”Tetapi, jamu tersebut banyak ditemukan di pasaran. Banyak juga masyarakat yang mengidolakan,” tambah Roy.

Kepala Seksi Penyidikan BBPOM di Surabaya Siti Amanah juga memastikan bahwa jamu ilegal yang disita pasti mengandung bahan kimia. Dia mencontohkan obat kuat yang biasanya ditambah zat kimia sildenafil. ”Jamu pegel linu dicampur phenil butason,” beber Amanah.

Pencampuran obat kimia dengan jamu juga ditentang ahli Naturopati Dr dr Amarullah Siregar DIHom DNMed. Menurut dia, jika seseorang nekat untuk mengonsumsi jamu yang dicampuri obat kimia, dampaknya adalah kerusakan sampai tingkat sel.

Sakit kepala merupakan penyakit yang paling sering menyerang manusia. Penyakit ini datang tanpa diundang, bahkan sakit kepala tidak menimbulkan gejala apapun sebelum menyerang penderitanya. Dalam bahasa ilmiahnya sakit kepala sering disebut sebagai cephalagia.

Biasanya sakit kepala dapat dihilangkan dengan mengkonsumsi obat instan, namun tahukan Anda jika obat instan ternyata berpengaruh buruk jangka panjang? Terlalu sering mengkonsumsi obat kimia lama kelamaan akan menumpuk di dalam tubuh dan akan menimbulkan penyakit lain yang lebih serius misalnya penyakit syaraf dan organ penting lainnya.

Untuk mengatasi masalah tersebut, ada solusi menjanjikan untuk mengusir sakit kepala. Yaitu dengan menggunakan ramuan obat tradisional yang terbuat dari bahan-bahan alami tanpa bahan kimia. Berikut adalah ramuan obat sakit kepala alami yang dapat dibuat sendiri di rumah:

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s